Memelihara Ikan dalam Akuarium

Sebagai seorang muslim tentunya kita akan bertanya-tanya tentang sesuatu yang merupakan ajaran dalam religi nya dilarang, di anjurkan, atau tidak melanggar.

begitupun dengan salah satu hobie ku yaitu memelihara ikan dalam aquarium. dari kecil saya sangat menggemari memelihara ikan hias, terutama yang pipih, atau enak dilihat dari samping. dan keadaan aquarium yang masih natural. maksudnya semua hiasan yang didalamnya menggunakan benda hidup. seperti tumbuhan, pasir asli, ataupun batang kayu. dan semua itu menciptakan hubungan ekosistem yang sangat indah jika di urus atau diatur dengan baik.

ada satu pertanyaan yang mengganjal… apakah memelihara ikan hias dalam akuarium merupakan hal yang dilarang oleh agama ?……

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum Warhamatullahi Wabarakatuhu
Ana ingin tanya, apa hukumnya dan bolehkah memelihara ikan hias di aquarium ? atas jawabannya ana sampaikan. Jazakumullah khairan. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu

Jawaban:

Jawaban pertanyaan ini, kami ambil dari fatwa Syaikh Ibnu Baz ketika beliau ditanya tentang hal ini. Beliau menjawab, “Hal tersebut tidaklah berdosa, jika Anda tidak berbuat zhalim,dan hendaklah anda memperlakukannya dengan baik dalam hal memberi makanan dan minumannya. Baik binatang peliharaan tersebut berupa burung kakaktua, burung dara, ayam atau binatang peliharaan lainnya dengan syarat harus diperlakukan dengan baik dan tidak menzhaliminya, baik binatang peliharaan itu dipelihara dalam kolam atau sangkar atau akuarium seperti ikan dan semisalnya. Sesungguhnya Allah Maha Pelindung lagi Maha Penolong.” (Sumber: Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 3, hal 69-70).

Ternyata Dalam ajaran agamaku hal tersebut tidak dilarang “ASAL ADA ATURANNYA” hehehehe..

yups betul.. memang harus ada aturannya yang mengatur. Akhirnya dengan menemukan fiqh tersebut bisa juga melanjutkan atau menyalurkan hobiku hehehehe….

Baca juga yah di http://agustiono.multiply.com dan http://agustiono-aquarium.blogspot.com/ untuk urusan ikan hias dan aquascape ini hehehehe

dan hukum fiqh tersebbut saya dapatkan dari http://muslim.or.id

Thanks

About these ads

4 thoughts on “Memelihara Ikan dalam Akuarium

  1. Bambang says:

    aan gue nanya bagaimana sih caranya supaya ikan hias ku tidak makan ekor temennya..kasihan ikan ku pada mati..rugi uang pula

  2. agustiono says:

    hi mas bambang, sebenarnya banyak hal yang membuat ikan memangsa ikan lain.
    sebelumnya saya akan bertanya dahulu. ikan nya sejenis atau tidak ?, dan pasokan makan untuk ikan itu sendiri cukup atau tidak ?.

    saya akan menceritakan sedikit tentang habitat ikan.
    kadang ikan bisa memangsa temannya sendiri dikarenakan pasokan makan kurang, atau jika tidak ikan tersebut tidak menyukai makanan yang kita berikan, hal ini bisa dilakukan dengan pergantian pakan ikan. atau kadang kala jenis ikan tersebut adalah ikan penguasa yang memiliki teritorial sendiri yang tidak mau ikan lain masuk dalam wilayahnya. kalo untuk masalah ini bisa dibuatkan penyekat atau tempat bersembunyi/shelter. seperti halnya udang lobster air tawar. lobster tersebut akan memangsa temannya jika memang tidak ada tempat persembunyiannya.

    jadi sebelumnya untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan survey terlebih dahulu. jenis ikan nya apa, cara kehidupannya sperti apa.

    kalo mas bambang mau, saya bisa kirimkan ebook mengenai encyclopedia ikan hias yang saya download dari internet. anda bisa kirim ke alamat email aan.agustiono@gmail.com agar saya bisa kirimkan lewat email.

    Trims

  3. qomar says:

    rika wonk ndi lam kenal

  4. heroes says:

    jangan nyatuin ikan sembarangan bro pelajari dulu ikannya…

    ikan predator< butuh pengetahuan luas soalnya ikan ini macem2 ada yang hobby loncat…koyo arawana

    ikan omnivora< cenderung kalem tapi ada yang suka loncat juga(balashark trus bisa gede 30cm) ….buat comunity tank aquarium cocok…… (yang hoby nyampurin ikan bagusnya ini dulu)

    ikan carnivora< suka nyerang ikan lain meski ga di bunuh tapi dikit2 bunuhnya…….. ya seperti makanin ekor ikan lain etc

    paling aman 1 aquarium ya 1 jenis ikan….. cuma kalo bosen jgn coba2 cemplungin ikan predator bisa brantem

    ikan predator bisa 1 aquarium territorial dia semua…… maruk ni ikan ga demen liat ikan jenis laen…… aquariumnya jadi nganggur tempat…….

    memang hobi ikan harus siap mental apalagi kalo sampe mati ikannya…… jangan nyerah bro maju terus pantang mundur…….hehehe 1 ikan mati beli 1000 ikan dah…… tapi inget 1000 ikan yang gmn dulu kalo jenis omnivora oke….kalo predator belajar dulu deh…..ama siapin aquarium yang banyak atau di sekat2 :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s