Benarkah Linux itu susah?

Tulisan ini di ambil dari web http://awali.org/

Saya pernah bertanya kepada beberapa user di Warnet yang saya miliki, “Gimana rasanya pake linux? Susah ga?”. Mereka menjawab “Ga susah ah, sama aja, paling ada beberapa menu yang agak bingung”. Satu hal yang diluar dugaan adalah pada saat mereka saya tanya apakah pernah menggunakan Linux sebelumnya? Mereka rata-rata menjawab belum pernah.

Lalu bagaimana dengan pendapat orang-orang selama ini yang beranggapan Linux itu susah? apakah ini sekedar mitos?

Sebelum kita mempertanyakan lebih jauh perbedaan antara jawaban user tadi dengan mitos yang selama ini digembar-gemborkan orang, kita perlu menyelami lebih jauh alasan mitos yang mengatakan Linux itu susah.

Ya, Linux akan sulit dipelajari apabila seorang “newbie” (pemula yang baru melihat Linux) harus langsung berhadapan dengan konsole (tampilan teks yang memiliki banyak sekali perintah) walaupun newbie tersebut pernah mengenal perintah DOS sebelumnya.

Ya, apabila newbie diharuskan menginstall sistem operasi ini tanpa memiliki dasar installasi sistem operasi sama sekali.

Ya, apabila seorang newbie harus melakukan troubleshooting apabila ada masalah/kerusakan. Padahal hal ini akan terjadi pula apabila dia mengalami masalah yang sama di sistem operasi lamanya.

Ya, apabila pertanyaan ini dilontarkan lima-sepuluh tahun kebelakang.

Lalu, kenapa user-user yang pernah saya tanyakan menjawab bahwa Linux mudah dan tidak sulit untuk digunakan?

Pertanyaan mudah untuk menjawab penyebab munculnya jawaban tadi adalah apabila anda hanya akan menggunakannya (bukan untuk mengoprek sana ngoprek sini) apakah anda harus mengetahuinya secara detil? Apakah selama ini anda tahu sampai kedalam-dalamnya sistem operasi yang anda gunakan sebelumnya?

Apabila anda hanya harus menggunakannya untuk browsing atau anda hanya menggunakannya untuk mengetik apakah anda harus mengetahui sampai bagaimana sistem operasi itu berkerja, bagaimana komputer menerjemahkan tombol “PRINT” yang anda tekan agar bisa melakukan proses cetak diprinter anda?

Jawabannya adalah tidak. Apalagi dengan kemampuan Linux yang saat ini sudah bisa disejajarkan dengan sistem operasi lainnya, bahkan apabila anda telah memiliki dasar Linux yang cukup, sistem operasi ini bisa dibilang melebihi sistem operasi lainnya.

Jadi apakah Linux itu susah? Cobalah dulu mengoperasikannya (hey, jangan coba menginstall dan yang lainnya terlebih dahulu, coba lakukan yang biasa anda lakukan pada sistem operasi yang selama ini anda gunakan) dan bentuk opini anda berdasarkan pengalaman yang anda lakukan bukan opini yang terbentuk atas dasar mitos. Selamat berlinux ria.

Klick berikut untuk lebih jelasnya. http://awali.org/digest/linux/opini/benarkah-linux-itu-susah/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s