Hikayat Perintisan Linux di Indonesia

Dibulan mei 2008 ini lumayan ada waktu libur nieh hehehehe,,,

setelah hari sabtu masuk kantor buat ngetutor temen tentang hardware, minggu dirumah sambil maen internet dan nyari-nyari info baru.

ceritanya nieh saat ini saya ikut salah satu forum, http://www.klixsonline.com/ .awal mula ikut forum gara-gara nanya tentang instalasi linux di laptop axioo. btw tanggapan dari administrator forum tersebut sangat OK. thanks u pak jfdesign atas bantuannya.

mulai dari instalasi, pengenalan hardware, sampai cara menggunakan applikasi di klixs yang merupakan turunan dari PCLinux OS di beritahu semua. sampai akhirnya niat belajar kernel, karena saat ini di laptopku kernel klixs belum penuh mengenali wirelles dan webcamnya. wirelles di pergunakan dengan bantuan “ndiswrapper” yang merupakan pengambilan atau injection driver wirelles di windows di jalankan di linux. sehingga kurang puas juga karena masih ada kesulitan jika akan menggunakan mode pengenrypsian menggunakan WPA. heheh seblumnya juga mau ngasih thanks lagi nieh ke forum terssebut. tadinya belum pernah maen tentang wirelles di linux, jadi tau banyak tentang ndiswrapper juga dari forum tersebut hehehe, trims yah.

akhirnya timbul niat untuk mempelajari “kernel”, atas saran pak “jfdesign” di berikanlah beberapa link untuk memulai pembelajaran. pada awalnya memang linux itu sudah tau, akan tetapi untuk mendalami tingkat level advanc atau mendalam tentang kernel belum pernah saya lakukan, mulai dari pembuatan module, loadding driver n technical detailnya belum pernah saya praktekan hehehe… pake linux kok ngak ngutak atik kernel….. serasa kurang afdol gitu bagi seorang tekhnisi.

“Sebaiknya, sdr. ants membaca dulu link berikut, lebih ke arah general dan pengetahuan umum kernel :
http://linuxplanet.com/linuxplanet/tutorials/202/1/
http://tldp.org/guides.html
kemudian melangkah ke cara kompilasi untuk Fedora, Ubuntu dan Mandriva sebagai dasar dan sedikit lebih spesifik :
Fedora : http://www.howtoforge.com/kernel_compilation_fedora
Ubuntu : http://www.howtoforge.com/kernel_compilation_ubuntu
Mandriva : http://www.howtoforge.com/kernel_compilation_mandriva
Dan bila sudah paham dan pengen melanjutkan lagi ke tingkat yg lebih advance, bisa mulai membaca berikut :
http://www.linuxtopia.org/online_books/linux_kernel/kernel_configuration/index.html”

akhirnya mulailah membaca-baca lagi secara mendalam. akan tetapi ketika searching ada bahasan yang sangat menarik tentang sejarah linux di indonesia.

Sistem berbasis UNIX pertama di Universitas Indonesia (1983) ialah komputer “Dual 83/20″ dengan sistem operasi UNIX versi 7, memori 1 Mbyte, serta disk (8”) dengan kapasitas 20 Mbytes. Sistem tersebut tentunya sangat “terbatas” dibandingkan komputer zaman sekarang. Namun, penelitian dengan memanfaatkan komputer tersebut, menghasilkan puluhan sarjana S1 UI. Tema penelitian S1 pada saat tersebut berkisar dalam bidang jaringan komputer, seperti pengembangan email (PESAN), alih berkas (MIKAS), porting UUCP, X.25, LAN ethernet, network printer server, dan lainnya. Komputer “Dual 83/20” ini, kemudian lebih dikenal dengan nama “INDOGTW” (Indonesian Gateway), karena pada akhir tahun 1980-an digunakan “dedicated email” server ke luar negeri. Sistem INDOGTW ini beroperasi non-stop 24 jam sehari, 7 hari seminggu.”

ternyata tahun 1983 udah ada UNIX, atau nenek moyang Linux hehehe.., sebenarnya UNIX dan LINUX itu berbada sieh, cerita selengkapnya lain kali aja dech yah. capek nyari referensinya sekarang.

kalo ditarik garis mundur ke arah waktu itu, dulu engineer dengan ilmu dan alat yang tersedia sudah sangat paham dan sangat mengetahui tentang kernel. udah belum yah ?, walahuallam.

akan tetapi bisa dibayangkan. dengan kapasitas disk yang hanya 20M tidak mungkin pada saat itu menggunakan GUI mode, layaknya XWindows jaman sekarang, tentunya semua dilakukan dengan assembler code, ataupun CLI. tidak ada mouse, monitor hanya warna hitam, yah pokoknya masih jaman black and white kali yah eheheh.. kalo saya sieh pada saat itu masih …. SD hehehe, yang tau nya cuman minta duit sama ortu buat jajan, maen layangan, pergi ke kolam/empang buat nyari ikan betok, gabus ataupun sepat.

akan tetapi para mahasiswa disitu tentunya sudah sangat mahir ataupun terbiasa dengan system tersebut. akhirnya saat ini ketika harus mempelajari tentang “kernel”, jadi teringat iniikah yang dikerjakan oleh engineering UI pada waktu itu, ataupun saat MASTER linus trovald membuat “kernel” untuk linux . di saat ini applikasi yang sudah kebanyakan menggunakan tampilan GUI tentu para user tidak akan merasakan susahnya pemakaian komputer jaman bahula alias jadul.

kadang saya berpikir dan mengalami suatu kejadian. saat ini saya bekerja di suatu tempat kuliah/college. yang basicnya student atau para murid tersebut bisa di golongkan kebanyakan orang dari golongan “menengah atas” sampai “atas”, atau kaya. dan para teachernya pun rata2 seperti itu. memang di tempat tersebut bukan merupakan pendidikan IT, akan tetapi hanya ke arah graphic design/motion picture. yang notabene selalu menggunakan tampilan GUI. mereka akan bingung atau heran ketika saya masih mengetik di mode CLI untuk mencari permasalahan,

Yah memang saat ini komputer sudah bukan seperti dulu lagi yang mana kita harus mengetahui bahasa program, ataupun logika. saat ini hampir semua sektor selalu menggunakan komputer, dan hampir semua sisi juga telah di dominasi oleh window, akan tetapi jika di bandingkan dengan umur dimulainya. saat ini Linux sudah sangat mendekati window di sisi end user.

itu berarti baby yang di buat oleh si linus trovald bersama dengan richard stallman pendiri GNU sudah bisa di ibaratkan anak yang sedang tumbuh dewasa, bukan baby lagi hehehe, seiring jaman. Linux akan tumbuh besar.

semakin banyak mahasiswa sekarang menggunakan komputer tanpa tahu bagaimana cara kerja dari komputer tersebut. karyawan, direktur, staff, bahkan sampai timer parkir pun menggunakan komputer. sebentar lagi komputer bukan menjadi barang mewah, akan tetapi sudah menjadi kebutuhan hidup. karena hampir semua sektor bisa dilakukan. alangkah lebih baiknya jika kembali kita flashback masalah License. bijaksanakah kita jika mengembar gemborkan masalah License akan tetapi kita masih menggunakan OS Bajakan ?

bijaksanakah seorang tekhnisi IT yang setiap hari bergelut dengan Linux tapi tidak tahu tentang “kernel” ?

link lengkap tentang psejarah linux di indonesia bisa di baca di http://rms46.vlsm.org/00-14.html
Trims

2 thoughts on “Hikayat Perintisan Linux di Indonesia

  1. Dulu awal2 ny0ba linux instalasinya masih cli. Ny0ba2 kompilasi kernel malah jd kacau balau. Pengen ny0ba lg but…

  2. agustiono says:

    hi mas iqbal, kenapa ??…, *penasaran mode ON hehehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s