Primbon Ramalan

September 12, 2008. malam hari ketika berbicara dengan driver pak adi, dan mbah anton junaedi. kami membicarakan masalah tentang ramalan jawa. atau bahasa kerennya “primbon”. hehehe… sebenarnya saya sendiri tidak terlalu percaya pada apa yang namanya ramalan. karena menurut agama yang aku anut. itu merupakan hal yang dilarang.

Nabi Muhammad S.A.W. datang dan dijumpainya di tengah-tengah masyarakat ada sekelompok manusia tukang dusta yang disebut kuhhan (dukun) dan arraf (tukang ramal). Mereka mengaku dapat mengetahui perkara-perkara ghaib baik untuk masa
yang telah lalu maupun yang akan datang, dengan jalan mengadakan hubungan dengan jin dan sebagainya.

Justru itu Rasulullah s.a.w. kemudian memproklamirkan perang dengan kedustaan yang tidak berlandaskan ilmu, petunjuk maupun dalil syara’.

Rasulullah membacakan kepada mereka wahyu Allah yang berbunyi:
“Katakanlah! Tidak ada yang dapat mengetahui perkara ghaib di
langit dan di bumi melainkan Allah semesta.” (an-Naml: 65)

Bukan Malaikat, bukan jin dan bukan manusia yang mengetahui perkara-perkara ghaib.Rasulullah juga menegaskan tentang dirinya dengan perintah Allah s.w.t. sebagai berikut:
“Kalau saya dapat mengetahui perkara ghaib, niscaya saya dapat memperoleh kekayaan yang banyak dan saya tidak akan ditimpa suatu musibah; tidak lain saya hanyalah seorang (Nabi) yang membawa khabar duka dan membawa khabar gembira untuk kaum yang mau beriman.” (al-A’raf: 188)

Allah memberitakan tentang jinnya Nabi Sulaiman sebagai berikut:

“Sungguh andaikata mereka (jin) itu dapat mengetahui perkara ghaib, niscaya mereka tidak kekal dalam siksaan yang hina.” (Saba’: 14)

Oleh karena itu, barangsiapa mengaku dapat mengetahui perkara ghaib yang sebenarnya, berarti dia mendustakan Allah, mendustakan kenyataan dan mendustakan manusia banyak.

Sebagian utusan pernah datang ke tempat Nabi, mereka menganggap bahwa Nabi adalah salah seorang yang mengaku dapat mengetahui perkara ghaib. Kemudian mereka menyembunyikan sesuatu di tangannya dan berkata kepada Nabi: Tahukah tuan apakah ini? Maka Nabi menjawab dengan tegas:”Aku bukan seorang tukang tenung, sebab sesungguhnya tukang tenung dan pekerjaan tenung serta seluruh tukang tenung di neraka.”

akan tetapi iseng juga mengetahui , maklum jiwa manusia selalu penuh ingin tahu. akhirnya iseng-iseng pergi deh cari informasi di web tentang primbon jawa hehehehe.

www.primbon.com memberikan informasi yang termasuk lengkap diantaranya ramalan tanggal lahir, hari lahir, dan bulan lahir. setelah dibaca waduh…. ternyata bulan lahirku merupakan

Wataknya:
– Mempunyai perasaan yang peka/halus
– Cepat tersinggung
– Suka menghayal dan berpikiran yang muluk-muluk
– Tidak mudah terpengaruh
– Agak pemalas
– Kalau bekerja lebih menuruti kehendak hatinya sendiri.

waduh ada sentimental, keras kepala, dan juga sifat negatifnya hehehehe…, tapi yah itulah manusia. kalo perfect yah bukan manusia namanya hehehe, itu juga yang membedakan manusia dengan malaikat, ataupun bangsa jin.

sebenarnya kalo ditelusuri lagi, budaya jawa sangat banyak. saya lahir sebenarnya di daerah Jogyakarta. akan tetapi di akte di buat di jakarta, tapi sejujurnya, saya menyesal, kenapa akte saya bukan berasal dari Jogyakarta.

Jogyakarta adalah kampung halamanku yang paling utama, walaupun sekarang sebenarnya aku termasuk cukup kompleks kalo mau pulang kampung hehehehe. istriku berasal dari daerah sinjai di sulawesi selatan, dan kehidupanku sehari-hari ada di jakarta. dan makam ayahku ada di jogyakarta.

Bagiku jogyakarta sangat besar sekali artinya. selain tempat lahirku juga banyak kenangan masa kecil yang sampai saat ini tidak bisa kulupakan. suasana yang tentram, adat jawa sopan santun yang dilakukan masyarakat sana, dan juga jiwa pantang menyerah serta ulet. Ada yang mengatakan bahwa orang jawa adalah orang yang lambat. bagiku itu benar, akan tetapi jika akan melakuka sesuatu biasanya mereka selalu berhati-hati. memikirkan baik buruknya, memperhitungkan bebet, bibit, dan bobot. jadi tidak asal sembarangan mengambil keputusan, selalu melihat dari segala sudut pandang.

itulah yang membedakan sifatku dengan istriku. dan memang begitu seharusnya kan… , kelebihan pasangan dan kekurangan pasangan menjadi suatu rumah tangga atau perkawinan itu berwarna.

Ramalan atau primbon adalah sesuatu yang bersifat ramalan dan bersifat statistik, yang berarti tidak 100% kita boleh percaya, kembalilah pada Allah swt. karena Dia yang maha mengetahui secara pasti.

6 thoughts on “Primbon Ramalan

  1. primbon says:

    jangan sekalipun percaya ma ramalan ramalan, itu semua membawa kita kepada kesyirikan ^_^

  2. agustiono says:

    setuju……….. bener banget

  3. mohammad ilyas says:

    setuju ………….. bangeeet ! wong namanya ramalan, ya hanya ramalan aja ! tidak perlu diyakini ! wong, yang ngramal mahkluk (yang namanya manusia) juga, ya, buat selenginan ajalah !

  4. novie says:

    hehehheheeh

  5. doel says:

    kalo tagu-ragu gimana…………..?

  6. maria says:

    mzie. . . . .
    nmpang lwat??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s