Kesalahan sekitar hobiie Aquarium

10 kesalahan pemilik akuarium

Kesenangan pada akuarium adalah suatu hobi yang positif dan menurut beberapa literatur, menikmati keindahan akuarium dapat menurunkan tingkat stres. Seringkali dalam memulai hobi akuarium, orang² dapat terjebak pada kesalahan² mendasar sehingga pada akhirnya kegiatan memulai hobi ini malah menjadi sumber stres.

Pada artikel berikut akan dipaparkan 10 kesalahan utama pemilik akuarium. Walaupun anda berniat memelihara akuarium air laut atau air tawar, informasi ini mungkin akan berguna untuk Anda.

1. Memulai hobi dengan terlalu terburu². Sebagian orang ingin mendapatkan hasil instan dan tidak ingin tahu, pokoknya hasil akhir adalah akuarium yang indah dan sedap dipandang. Seringkali malah ditengah jalan menemui masalah yang tidak terduga. Sebaiknya untuk mengantisipasi permasalahan, ada baiknya kita mempelajari dahulu konsep akuarium yang kita inginkan. Prosentase besar pemilik akuarium seringkali tidak memiliki persiapan khusus sebelum memulai hobi ini padahal kegiatan memulai hobi akuarium sebaiknya dilakukan dengan penuh kesabaran.
2. Menumpuk isi akuarium. Akibat poin satu diatas, seringkali orang ingin memasukkan beragam ikan/tanaman/koral ke dalam akuarium barunya, padahal salah satu efeknya adalah menganggu keseimbangan kualitas air dalam akuarium.
3. Sirkulasi dan Filtrasi yang kurang baik. Kelengkapan filtrasi pada akuarium adalah hal yang mutlak. Filtrasi secara biologis, mekanik dan kimiawi adalah hal yang penting untuk mempertahankan kualitas air dalam akuarium. Sirkulasi yang baik juga amat penting untuk mencegah turunnya oksigen terlarut.
4. Kesalahan diagnosa penyakit. Patogen yang serupa terkadang bereaksi berbeda terhadap pengobatan, oleh karena itu kita harus memiliki informasi mendasar untuk bagaimana mencegah penyakit tertentu dan mengobati ikan.
5. Pengobatan ikan yang overdosis. Terkadang penanganan ikan yang sakit tidak terkontrol. Semestinya ikan yang sakit dirawat dalam akuarium terpisah dan penerapan obat harus sesuai dengan penyakit yang ingin dihilangkan.
6. Membeli ikan tanpa mengetahui asal-usulnya. Seringkali pemilik ikan membeli ikan karena pertimbangan penampilan (warna, bentuk dll), tanpa mengetahui hal² lain berkaitan dengan ikan tersebut. Ada baiknya mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang ikan yang kita inginkan, sebelum kita membeli.
7. Komposisi ikan. Seringkali sebuah species ikan yang terdapat dalam akuarium tidak cocok hidup dengan spesies lain. Pemilihan ikan yang bisa hidup dengan damai di akuarium amat penting (hal ini dinamakan kompatibilitas).
8. Membeli ikan yang sakit. Sebaiknya dari awal pembelian ikan, kita harus memastikan bahwa ikan terbebas dari penyakit agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Pelajarilah bagaimana mengenali ikan yang sakit sehingga anda memiliki persiapan sebelum membeli.
9. Menggunakan air yang kualitasnya buruk.
10. Tidak melakukan perawatan yang teratur. Memiliki akuarium berarti harus siap dengan konsekuensi perawatan yang teratur. Menjaga kualitas air amat diperlukan agar tidak ada masalah di kemudian hari.

Visit

http://www.indo-aquariums.com

http://agustiono-aquarium.blogspot.com/

http://agustiono.multiply.com/journal

One thought on “Kesalahan sekitar hobiie Aquarium

  1. sonny says:

    artikel yang bagus dan harus dibaca oleh seluruh pemilik akuarium

    salam🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s